pindah ke www.musisigereja.com

Blog ini sudah dipindahkan ke www.musisigereja.com

Antara Penyanyi Solo & Penyanyi Paduan Suara

Pada dasarnya teknik bernyanyi baik bagi penyanyi solo maupun penyanyi paduan suara adalah sama. Perbedaannya justru terletak pada ekspresivitas, tugas dan tanggungjawab yang dipikulnya.

Keberhasilan seorang solois ditentukan oleh dirinya sendiri, sementara keberhasilan paduan suara ditentukan oleh penguasaan teknis, kekompakan dan kerjasama yang dibangun dalam paduan suara itu sendiri. Seorang solois melatih kualitas vokalnya sedemikian rupa untuk mampu menghasilkan suatu ekspresi vokal tunggal yang optimal tanpa direpotkan dengan kehadiran suara-suara lainnya.

Sebaliknya penyanyi paduan suara melatih kualitas vokalnya sedemikian rupa untuk mampu menghasilkan suatu perpaduan warna vokal yang menarik dengan para penyanyi lainnya dalam paduan suara tersebut.

Karena itu bukan menjadi sesuatu yang aneh apabila para penyanyi solo sulit untuk memadukan suaranya dalam sebuah paduan suara, Sebab kerja keras dan kedisiplinan yang diterapkan oleh para penyanyi solo telah menempa mereka menjadi figur yang memiliki karakteristik vokal dan sikap (attitude) yang berbeda dari kebanyakan penyanyi paduan suara.

sumber :

Agastya R. Listya (A-Z Direksi Paduan Suara)

20 Maret 2010 - Posted by | Antara Penyanyi Solo & Penyanyi Paduan Suara

1 Komentar »

  1. maaf, sy beda anggapan. semua cuma tergantung hati. kalau rendah hati, bs aja suaranya disesuaikan. jauhkan mic. blend kan suara dg yang lain.

    Komentar oleh samuel | 18 November 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: