pindah ke www.musisigereja.com

Blog ini sudah dipindahkan ke www.musisigereja.com

Jurus Chord

Apalagi sih ni Judul???..wkwkwkk….! Pasti ada yang nyasar baca artikel ini gara-gara lihat judulnya.
Jurus chord yang saya maksud ini adalah chord-chord pengantar ketika kita mau pindah ke chord lain. Misal biasanya kita bablas aja dari C langsung ke F. nah, kita pasang jurus, sebelum ke F mau mutar kemana dulu nih, selagi ada waktu (ketukan) dan si penumpang (melodi) juga ga masalah kita bawa mutar-mutar.

Sebenarnya artikel ini terinspirasi atas banyaknya pertanyaan dari teman-teman saya, misal “ Kalo dari C ke F, enaknya di sisipin chord apa,Ton?” dan banyak pertanyaan senada dengan ini.

Beberapa jurus kombinasi chord dibawah ini, bisa di jadikan alternatif untuk muter-muterin chord, biar agak manis dikit kedengarannya :-) he..he..he…

Untuk contoh, saya ambil Tonic C = Do.
——————————————————————————–
C ke F
C – C7 – F
C – Gm – C7 – F
C – Caug – F
C – C9/D – C/E – F
——————————————————————————–

C ke Dm
C – A – Dm
C – A7 – Dm
C – C#Dim – Dm
——————————————————————————–

C ke Am
C – Dm-5 – E7 – Am
C – Dm-5 – Eaug – Am
C – Em/B – Am
C – Bmaj7 – Bes – Am
C – Cmaj7 – C7 – Am
——————————————————————————–

C ke G
C – D7 – G
C – Dm7 – G
C – F#/Gb dim – G

—————————————

F ke G
F – F#/Gb dim – G
F – Dm7 – G

————————————-

Semua bentuk diatas, hanya contoh aja. Terlepas dari bagaimana lagunya.
Silahkan di cari aja, yang mana jurus yang cocok untuk lagu yang Anda mainkan.
Sedangkan bentuk chordnya (tuts apa yang di tekan), sementara, cari tau sendiri dulu ya;-) he..he.. udah banyak koq buku-buku yang ngasi skema berbagai chord.

Mungkin judul artilkel ini lebih tepat kita bilang “progresif chord” atau “improvisasi chord” kali yah….:-) tapi terserahlah, apapun namanya, yang penting ada manfaatnya…he..he.he..he…

Segini dulu dari saya. Kalo kebanyakan ntar jadi mumet buat yang baca :-)
Bapak, Ibu dan Rekan-Rekan semua pasti ada jurus-jurus lain yang lebih ampuh… di sharing yah… jangan di simpan aja, ntar karatan lho…wkwkwkwkkw…..

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.
TERIMA KASIH

20 Maret 2010 - Posted by | Jurus Chord |

2 Komentar »

  1. Slamat siang pak…

    Coba di buat contoh sala satu lagu yang sudah ada notnya dong..biar waktu bermain di orgen bisa di baca…

    Trima kasih..

    Komentar oleh rachel | 18 Mei 2011 | Balas

  2. Saya mau tambahkan 1, dari C ke G hahah (misal do = c)

    C – D – Bb – G

    Trima kasih

    Komentar oleh Unknown | 18 Januari 2012 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: