pindah ke www.musisigereja.com

Blog ini sudah dipindahkan ke www.musisigereja.com

Roda Tangga Nada Mayor

Posting ini saya tujukan terutama untuk Dayu, sahabat blogger saya, yang pada suatu hari menanyakan hal berikut:

dayu: Semalam aku mau minta tolong utk ajarin aku not musik
dayu: Gini critanya
dayu: Aku suka nyanyi
dayu: Tp ga ngerti itu kunci2 C D E F G A B
dayu: Mana lebih tinggi
dayu: Mana ke nada rendah
dayu: Help !

Saya memiliki ide untuk membuatkan suatu roda tangga nada. Sehingga, penyanyi yang tidak tahu teori musik sama sekali pun, saya harap bisa mengerti hal berikut ini. Oleh karena itu, tolong dibaca pelan-pelan dan konsentrasi supaya mengerti apa yang saya tuliskan berikut ini. Saya sudah buat segampang-gampangnya.


Yang pertama mau saya tunjukkan, adalah gambar Roda Tangga Nada nya :

Sesuai penjelasan pada gambar itu:

  • Apabila kita bergerak bergerak searah jarum jam, maka tangga nadanya semakin tinggi.
  • Apabila berlawanan dengan arah jarum jam, maka tangga nada semakin rendah.

Cara memakai roda tersebut.

1. Apabila pemain musik memainkan musiknya terlalu tinggi
(berarti, kita meminta dia supaya memainkan musiknya di tangga nada lebih rendah).

  • Tanyakan kepada dia, tangga nada dasar apa yang dia mainkan?
  • Sebagai contoh, dia main pada tangga nada D.
  • Lihat pada RODA. Berlawanan arah jarum jam dari D adalah C#, C, dan B.
  • Suruh si pemusik untuk memainkan musiknya pada salah satu dari tangga nada itu

2. Apabila pemain musik memainkan musiknya terlalu rendah
(berarti, kita meminta dia supaya memainkan musiknya di tangga nada lebih tinggi).

  • Tanyakan kepada dia, tangga nada apa yang dia mainkan?
  • Sebagai contoh, dia main pada tangga nada G
  • Lihat pada RODA. Searah jarum jam dari G adalah Ab, A, dan Bb.
  • Suruh si pemusik untuk memainkan musiknya pada salah satu dari tangga nada itu.


Sedikit catatan:

  • Tangga nada biasa disebut dengan istilah “kunci”
  • Tangga nada TIDAK SAMA DENGAN nada TIDAK SAMA DENGAN akor (chord).
  1. Tangga nada (Kunci) merupakan susunan berjenjang dari nada-nada pokok suatu sistem nada.
  2. Nada merupakan bunyi beraturan yang memiliki frekuensi tunggal tertentu.
  3. Akor (Chord) merupakan beberapa nada yang dibunyikan sekaligus membentuk suatu pola harmonis.
  • Tingkat kesulitan tangga nada pada alat musik itu berbeda-beda. Oleh karena itu saya tuliskan: Mudah, Menengah, Sulit.
  • # dibaca “kres“. Atau dalam bahasa inggris: Sharp
  • b dibaca “Mol“. Atau dalam bahasa inggris: Flat

21 Maret 2010 - Posted by | Roda Tangga Nada Mayor | , ,

1 Komentar »

  1. Terimakasih🙂

    Komentar oleh Sayidah | 15 Agustus 2013 | Balas


Tinggalkan Balasan

