pindah ke www.musisigereja.com

Blog ini sudah dipindahkan ke www.musisigereja.com

Delapan Kecerdasan Dasar Manusia versi Howard Gardner

1. Logika
Ini adalah kecerdasan berpikir empiris dan rasional serta menghitung. Contoh: Matematikawan, Fisikawan, Ahli komputer, pemain catur

2. Linguistik (bahasa)
Ini adalah kecerdasan berbahasa. Contoh: guru/ahli bahasa, orang yang bisa multi-bahasa, jurnalis, penulis puisi, penulis buku, penulis syair.

3. Interpersonal
Ini adalah kecerdasan berkomunikasi dengan orang lain. Contoh: Salesman, MC, moderator, wartawan, pembicara, pengkhotbah.

4. Intrapersonal
Adalah kecerdasan berkomunikasi dengan diri sendiri, seperti merenung, meditasi, kontemplasi, dll. Contoh: Filsuf

5. Musikal
Adalah kecerdasan bermusik. Contoh: Penyanyi, pemain musik, komposer/pencipta lagu.

6. Naturalis
Adalah kecerdasan “insting kepada alam”. Contoh: Yang suka berpetualang di alam, nelayan, pemburu, ahli biologi, dokter hewan.

7. Spatial
Adalah kecerdasan yang menyangkut ruang. Contoh: Pelukis, pemahat patung, seniman, ahli desain grafis, arsitek.

8. Kinestetik
Adalah kecerdasan gerak
Contoh: Olahragawan, penari, mekanik, dll.


Setiap manusia minimal memiliki 1 kecerdasan. Dan kecerdasan dasar itu ada sejak kita lahir (born-talent).

Sebagai contoh, ada 2 orang anak. Keduanya mendapatkan nilai ulangan Fisika 10. Bedanya, anak pertama hanya butuh waktu sebentar untuk belajar, dan sebentar untuk mengejarkan soal-soalnya. Sedangkan anak kedua, memerlukan waktu belajar lama, dan waktu lama untuk mengerjakan soal-soalnya. Keduanya sama-sama pintar, tapi bedanya adalah, anak pertama memang memiliki kecerdasan dari lahir.

Hal ini berlaku untuk kecerdasan musik. Sebagai contoh, saya sendiri (eh, saya bukan bermaksud sombong lho pak, ini sekedar contoh saja ya hehehe).
Sebelum saya les alat musik dan mendapatkan pelajaran musik di sekolah (belum masuk TK), saya sudah bisa mengikuti nada-nada lagu dengan benar (tidak fals), dan tempo dengan benar. Sebagian besar teman saya, tidak bisa. Ini berarti memang sejak lahir saya memiliki kecerdasan musikal.

Kemudian, berdasarkan pengamatan saya kepada seluruh teman-teman saya yang memainkan alat musik, pemusik terbagi menjadi 3:

1. Pemusik Visual (play-by-see)
Biasanya orang-orang ini baru bisa memainkan musik apabila melihat partitur atau not. Apabila tidak ada partitur, mereka sama sekali tidak bisa memainkan lagu apapun.Kalaupun hafal suatu lagu, yang mereka hafalkan benar-benar berbasis partitur.

2. Pemusik Audio (play-by-hear)
Biasanya, orang-orang ini agak susah untuk membaca not, apalagi not balok, sekalipun mereka pernah bertahun-tahun les alat musik. Tapi, kelebihannya, mereka bisa mendengarkan kaset/CD lagu, dan langsung memainkannya pada alat musik (play-by-hear).

3. Pemusik yang Visual & Audio
Mereka lancar membaca not balok, maupun play-by-hear. Yang masuk kategori ini, biasanya mereka yang memang sudah sangat jagoan.
Dan kalau saya perhatikan, yang memiliki kecerdasan bermusik (dari lahir) itu cendrung orang tipe 2 & 3.Sedangkan yang bakat utamanya bukan musik biasanya orang yang tipe 1.

Bukan berarti mereka tidak bisa main alat musik. Mereka juga bisa main alat musik kok, hanya saja memang perlu usaha ekstra (perlu bantuan not atau chord gitar yang ditulis pada liriknya). Dan yang paling penting, masalah tempo. Mayoritas orang yang tidak lahir dengan bakat musikal, memiliki masalah besar dengan mengikuti tempo. Ada teman saya yang les gitar klasik, perlu 5 tahun bagi dia baru bisa sesuai dengan tempo.

Mungkin tutorial berikutnya, saya mau buat mengenai tempo. Konsepnya sudah ada (walau sederhana sekali sih, tapi sejauh ini bisa saya terapkan pada orang lain), tinggal metronomenya saya belum punya.hehehe.

23 Maret 2010 - Posted by | Delapan Kecerdasan Dasar Manusia versi Howard Gardner

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

