pindah ke www.musisigereja.com

Blog ini sudah dipindahkan ke www.musisigereja.com

Laptop Untuk Manggung

Silahkan liat foto di atas, keyboard, laptop dan mixer berjejer😀 hehehe, itu foto rekan saya Ferry Siregar yang lagi manggung.
Sebagian yang baca artikel ini pasti udah tahu fungsi laptop itu, nah sekarang saya mau menulis untuk yang belum tau aja😀

Untuk zaman sekarang, laptop bisa menjadi salah satu pilihan baik dan relatif hemat untuk upgrade atau melengkapi kebutuhan bermusik kita di atas panggung atau di studio.

Untuk aplikasi panggung, saya kategorikan menjadi 3 bagian :

1. Laptop untuk kebutuhan Sound
Dalam hal ini laptop kita fungsikan sebagai sound module atau dalam bahasa lain bisa dikatakan sebagai mesin pembangun/sumber suara.
Untuk software sound modul ini sendiri SANGAT BANYAK, ada yang free (gratis) atau yang berbayar, misalnya seperti Sampletank, Halion, Proteus, dan masih banyak lagi. Software seperti ini sering disebut dengan VSTi (virtual studio technology instrument), silahkan cari aja di google dengan kata kunci “Free VSTi”.
VSTi ini ada 2 macam, yaitu :

  • VSTi yang membutuhkan software pendukung lain untuk menjalankannya, misalnya membutuhkan software Sonar, Cubase, Nuendo, dll. VSTi seperti ini membutuhkan memory yang lumayan extra karna harus menjalankan program lain terlebih dahulu.
  • VSTi STAND ALONE, VSTi seperti ini bisa berjalan tanpa membutuhkan software pendukung lainnya.

Dengan bermodal koneksi Midi dari keyboard ke laptop, kita bisa memainkan suara dari software tersebut melalui tuts keyboard yang kita gunakan.

Secara garis besar koneksinya adalah sebagai berikut :
–          Midi OUT keyboard di sambungkan ke soundcard/laptop dengan menggunakan kabel Midi 5pin to Midi 5pin, Midi to USB, Host, atau USB to USB (tergantung kabel yang ada dan fasilitas pada keyboard Anda).
–          Atur Midi CHANEL pada keyboard dan pada software. Chanel ini harus sinkron antara keyboard dan software.
–          Pilih sound di software
–          Mainkan melalui keyboard.

Jika Anda ingin menjalankan lebih dari 1 VSTi secara berbarengan, silahkan gunakan software gratisan CHAINER, untuk mendownload chainer, silahkan klik : Donwload Chainer

Untuk mendownload VSTi Gratisan, silahkan klik : DOWNLOAD FREE VSTi

2. Laptop untuk Memutar MP3/Wav Minus one
Dalam aplikasi ini, laptop kita fungsikan sebagai pemutar MP3/Wav/audio, bisa berupa :
–          Minus One (musik tanpa vocal)
–          Drum Loop
–          Backing Vocal
–          Atau audio lainnya yang bisa mendukung musik kita dipanggung.
Software yang bisa menjalankan tugas semacam ini sangat banyak sekali, mulai dari Winamp, Windows Media Player, Jet Audio, dll.
Tapi jika menginginkan untuk Mengatur nada/pitch, tempo, dll, Anda bisa menggunakan aplikasi yang lebih kompleks seperti Virtual DJ. Umumnya software yang komplek yang seperti ini adalah software yang biasa digunakan oleh DJ (Disk Jokey).
Kekurangan menggunakan software seperti ini adalah kita tidak dapat mengatur/mixing secara realtime suara pertrack instrumentnya. Jadi file audio yang akan Anda gunakan sebaiknya adalah file Audio yang sudah benar-benar dimixing dengan baik.

Jika Anda ingin memixing kembali tiap track instrument saat manggung secara live, sebaiknya menggunakan software multitrack seperti Nuendo, Cubase, Sonar, dll. File yang ada di multitrack tersebut adalah file yang masih terpisah, misal, 1 track untuk bass, 1 track untuk bass, 1 track untuk gitar, dst sampai menjadi kesatuan utuh yang kita butuhkan.
Untuk mengontrol tiap track ini secara realtime, bisa menggunakan mouse, jika tidak ingin direpotkan oleh mouse, gunakan mixer multitrack firewire/usb seperti Mackie Onyx, Yamaha, dst.

3. Laptop untuk memainkan style
Aplikasi ini sangat berguna sebagai pelengkap keyboard yang tidak memiliki fasilitas style seperti Korg PA, Roland E, Yamaha PSR, Technics KN, dll.
Contoh software yang bisa Anda gunakan adalah One Man Band, dll.

Pada aplikasi seperti One Man Band ini, kita dapat memainkan style dari keyboard Yamaha PSR, untuk tombol Fill in, Main/Variasi, Intro/Ending, dll, aplikasi tersebut memberi pilihan apakah kita ingin menggunakan salah satu tombol di laptop atau di tuts keyboard untuk fungsi2 tombol tersebut.

=======================
4. Kualitas Sound

Untuk kualitas sound yang dihasilkan, berpengaruh pada software, sample sound dan soundcard/converter yang digunakan.
VSTi umumnya menggunakan sample sound berupa wav, ada yang detil dan ada yang asal jadi😀 jadi, semuanya terserah kita memilih mau pake sound yang mana.
Untuk kekurangan sample sound berformat WAV ini adalah membutuhkan memory yang besar. Untuk pilihan yang lebih ringan, Anda bisa menggunakan sound berformat SOUNDFONT (sf).

5. Kesimpulan
Laptop sebagai fasilitas universal yang mobile bisa mendukung performa bermusik kita di atas panggung. Dengan aplikasi/software dan kegunaan yang tepat dan efektif, kehadiran laptop menjadi sangat bermanfaat.
Jangan lupa menghitung kembali modal yang Anda keluarkan dengan menggunakan laptop.
Tapi, jika mau pake laptop untuk gaya-gayaan di atas panggung, ya terserah kita masing-masing, hehehehe. Saya sendiri ga pernah bermusik pake laptop, karena emang ga punya laptop. wkwkwkwkwkw

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Jika ingin diskusi lebih lanjut silahkan klik :
WWW.SOLFEGIO.COM

Salam

ANTONI PASARIBU
Admin Solfegio Forum

24 Juni 2010 - Posted by | Laptop Untuk Manggung |

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d blogger menyukai ini: