pindah ke www.musisigereja.com

Blog ini sudah dipindahkan ke www.musisigereja.com

Rahasia Pengiring Gereja(Piano, Organ dan Keyboard) Yang Berhasil

Oleh : SAMUEL SANTOSO (yongtos2005@gmail.com)

Saya tergelitik untuk menuliskan sebuah judul yang diharap dapat menumbuhkan semangat kita untuk terus belajar musik sekaligus juga bersandar pada kebaikan Tuhan yang memberikan semua itu. Berhasil disini harus diartikan berhasil di mata Tuhan dan manusia secara seimbang. Langsung saja pada rahasianya ya?

1.      Takut akan Tuhan ( Amsal 1:7). Karena dari sanalah sumber hikmat dan pengetahuan. Takut <> ketakutan.

2.      Memiliki pengertian yang benar tentang berbagai hal (ibadah, konsep diri, dll). Contoh :

  • orang yang malas berlatih karena merasa tidak berbakat. Padahal baru coba 2 kali. Sedangkan Thomas Alfa Edison, untuk menyalakan lampu pertama kalinya, harus mencoba 1000x. 99% keringat + 1 % bakat = sukses. Itulah rumus beliau. Tentu saja kita tidak setuju begitu saja, karena poin 1 sudah menegaskan bahwa semuanya asalnya dari Dia, sehingga kita juga perlu berdoa dan berserah.
  • bertugas mengiringi, bukan menonjolkan diri.

3.      Memiliki pengetahuan dan keahlian yang cukup tentang alat musik dan lagu yang dimainkan. Saya hanya ingin membagikan pengalaman saya pribadi dimana saya les piano dan organ kepada beberapa guru. Dan saya tidak tahu bagaimana memainkan sebuah lagu. Bahkan meski saya sudah memainkan lagu klasik yang lumayan (grade 5 Royal). Sampai suatu saat guru organ saya baru memberitahu saya setelah sekian lama, rumus memainkan sebuah lagu. Ini yang ingin saya bagikan. Jangan sampai pengalaman saya berulang kepada Anda. Berikut penjelasan saya:

  1. Untuk memainkan sebuah lagu, kita harus tahu apakah nada dasarnya. Mis : Nada dasar C
    Nada dasar itu akan menentukan chord apa yang akan digunakan. Kalau di C biasanya chord yang digunakan adalah :

C (C-E-G), F (F-A-C), G (G-B-D). Ini disebut chord Major.

Dm (D-F-A), Em (E-G-B), Am (A-C-E).Ini disebut chord minor.

3. Mainkan melodinya dan chordnya.

Hal no 3 ini hanya garis besarnya saja. Sulit menjelaskan musik hanya secara tertulis. Bila ada kesulitan, hubungi saya di yongtos2005@gmail.com. Tuhan memberkati pelayanan dan latihan saudara sekalian.

Tetap Semangat!

 

 

 

 

 

4 Februari 2011 - Posted by | Organ dan Keyboard) Yang Berhasil

12 Komentar »

  1. […] saya dan bercakap-cakap mengenai musik gereja. Saya jadi teringat dengan artikel saya yang berjudul Rahasia Pengiring Gereja(Piano, Organ dan Keyboard) Yang Berhasil. Ternyata sebelum menjadi pengiring gereja, dibalik semua yang saya tulis, semuanya harus dimulai […]

    Ping balik oleh Briku hati Mu « Musisi Gereja | 24 Februari 2011 | Balas

  2. Syalomm…
    damai dalam Kristus…
    pak Antoni, saya sudah lama ingin menjadi organis untuk mengiringi di gereja, tetapi saya tidak bisa sama sekali dan belum pernah belajar bermain organ. untuk umur saya yang sekarang ini 20 tahun, apakah saya masih bisa terlatih bermain organ?saya harus memulainya dengan berlatih keyboard dulu atau langsung berlatih organ? dan sebaiknya saya belajar otodidak (membeli keybord dulu, baru berlatih sendiri) atau saya harus kursus dulu? untuk kursus, sementara saya belum mempunyai alatnya, berapa waktu yang diperlukan supaya saya bisa sedikit terlatih? mohon petunjuknya, pak. terima kasih…

    Komentar oleh Theresia Hery | 24 Februari 2011 | Balas

    • bu, ibu lokasinya dimana? kalau boleh saya menjawab. usia ibu masih sangat muda. tak ada kata terlambat selama kita ada hati dan usaha. sebaiknya ada alat musik yang ingin ibu pelajari. cara terbaik belajar adalah dengan dibimbing langsung oleh yang bisa mengajar dan memainkan alat musik tersebut.

      Komentar oleh samuel | 24 Februari 2011 | Balas

    • syalom.
      jika ada yang mau belajar, biasanya saya tanya dulu basic music apa yang sudah diketahui/dipelajari, mbak.
      setidaknya untuk mempermudah pembelajaran.
      sekedar sharing, dulu saya mulai belajar dgn menumpang di organ milik gereja (karna dulu kami belum punya keyboard sendiri… heheheh). dan kami bisa punya keyboard sendiri, setelah saya kuliah.
      so, untuk peralatan, lebih baik punya keyboard sendiri, agar mempermudah latihan & ga usah repot seperti saya dulu, bolak balik 25 menit jalan kaki ke gereja hanya untuk belajar. hehehe.
      berapa lama waktu yg dibutuhkan? saya sendiri bukan profesional pengajar musik, mbak. saya tidak tau berapa lama persisnya bisa pandai dgn kurikulum yang tepat. untuk hal ini, bisa diskusikan dengan pak Samuel.

      Komentar oleh Antoni Pasaribu | 25 Februari 2011 | Balas

      • tidak ada patokan kapan bisa main. ini seringkali pertanyaan yang ditanyakan saat kita belajar. target perlu. tetapi harus realistis. belajar semampu kita. sisanya biarkan Tuhan yang tambahakan kemampuan bermain kita. kita bukan mobil yang waktu produksinya bisa ditentukan. Kita memiliki berbagai komponen yang menentukan : bakat (hanya 10%, tidak terlalu menentukan tetapi cukup cepat belajar kalau berbakat tetapi biasanya yang berbakat malas belajar), tekun, metode yang tepat, materi yang tepat, guru yang tepat, waktu latihan tersedia, dan lingkungan yang mendukung (keluarga dan kondisi waktu latihan apakah memungkinkan, misalkan bayi nangis terus atau tetangga berisik, apakah kita bisa konsentrasi, dll). carilah solusi dari setiap permasalahan diatas, barulah kita akan berhasil. Tentunya semua itu kita lakukan dengan hati yang tertuju kepada Tuhan, bukan untuk menyenangkan hati pacar.

        Komentar oleh samuel | 30 Maret 2011

  3. Puji Tuhan …. talenta yang telah DIA berikan merupakan hal yang sempurna jika kita berbuat demi nama-NYA

    Berdoa … Belajar .. Dan Tetap Semangat demi kemuliaan nama Tuhan Yesus Kristus !!! ..

    Sukses bt abang !!! .. thank’s bt infonya … slam dari Medan !!!

    HOras …

    Komentar oleh Download Midi Gratis | 30 Agustus 2011 | Balas

  4. share teman2,, saya sudah mengiringi jemaat dari tahun 2000 s/d sekarang, namun saya belum merasa berhasil .. karena saya belum bisa mengajari teman2 yang lain dalam mengiringi ibadah, persoalaannya saya belajar secara otodidak .. bagaimana atau adakah solusi seorang otodidak mengajari teman2 yang lain?

    trims, salam pelayanan GBU

    Komentar oleh dhitYD | 18 September 2011 | Balas

  5. Mantap

    Komentar oleh l4z4m | 2 Oktober 2011 | Balas

  6. mas, spesifiknya kalo ngiring, tangan kanan mainin apa..tangan kiri mainin apa

    Komentar oleh Anteros08 | 23 Oktober 2013 | Balas

  7. syalom,,
    share teman2,,,untuk menambah wawasan bisa ikut juga training arranging orchestra di aransemen-musik.com.

    Komentar oleh cristopher | 16 Januari 2015 | Balas

  8. Syalom… ada yang mempunyai midi file Gita Bakti 2013? terima kasih. untuk mengiringi di gereja kami dikampung.

    Komentar oleh Hartono Bjn | 24 Juni 2015 | Balas

  9. Pak saya mau tanya, apa kalau mengiringi lagu gereja bisa dengan memainkan melodi dan chordnya saja?
    Karna saya terbiasa main lagu2 pop bukan klasik. Dan itu saya mainkan dengan piano pak
    Terimakasih, mohon penjelasannya pak

    Komentar oleh Yogie | 20 Desember 2015 | Balas


Tinggalkan komentar